Laman

Minggu, 18 Juli 2010

Desain produk dan jasa

Apa itu produk?? Kebutuhan atau kepuasan yang ditawarkan oleh organisasi contoh: P&G tidak menjual deterjen untuk laundry P&G sells the benefit of clean clothes Pelanggan membeli kepuasan, bukan bagian Mungkin barang atau jasa Pilihan strategi produk
  • diferensiasi produk
  • biaya murah
  • respon yang cepat
Kesempatan generasi produk baru
  • perubahan ekonomi
  • perubahan sosial dan demografi
  • perubahan teknologi
  • perubahan politik
  • perubahan dalam
  • Praktek pasar
  • Standar profesional
  • Pemasok dan distributor
Masa hidup produk 1. Perkenalan Disesuaikan meneliti 2. Pengembangan produk Modifikasi dan perbaikan proses Pengembangan pemasok 3. Pertumbuhan Desain produk telah mulai stabil Peramalan kebutuhan kapasitas yang efektif Penambahan kapasitas atau peningkatan kapasitas yang mungin diperlukan 4. Kematangan atau kedewasaan Sekarang pesaing bermunculan Volume tinggi, produk yang inovatif mungkin diperlukan Pengendalian biaya yang lebih baik,berkurangnya pilihan dan pemotongan lini produk. Penurunan Produk yang hampir mati membuat kontribusi yang unik, produksi mereka harus dihentikan Analisis produk berdasarkan nilai Mengurutkan produk secara menurun berdasarkan kontribusi dolar individu masing-masing produk bagi perusahaan. Membantu manajemen mengevaluasi strategi alternatif. Tahapan pengembangan produk
  • Generasi ide
  • Penilaian kemampuan perusahaan untuk merealisasikan ide
  • Syarat pelanggan
  • Spesifikasi fungsional
  • Spesifikasi produk
  • Pengkajian ulang desain
  • Tes pasar
  • Pengenalan kepasar
  • evaluasi
Quality Function Deployment (QFD)
  • Mengidentifikasi apa yang diinginkan pelanggan
  • Mengidentifikasi bagaimana barang atau jasa akan memuaskan keinginan pelanggan
  • Hubungkan keinginan pelanggan dengan bagaimana produk akan dibuat
  • Mengidentifikasi hubungan atar sejumlah bagaimana pada perusahaan
  • Buat tingkat kepentingan
  • Evaluasi produk pesaing
Tahapan generasi ide
  • Pnyediaan dasar untuk masuk ke pasar
  • Sumber ide
  • Kebutuhan pasar (60-80%); mesin dan operasi (20%); teknologi; pesaing; penemuan; pekerja
  • Mengikuti dari strategi pemasaran
  • Identifikasi, penemuan, & menyeleksi kesempatan pasar terbaik
Untuk membuat rumah kualitas
  • Mengidentifikasi keinginan pelanggan
  • Mengidentifikasi bagaimana barang dan jasa akan memuaskan keinginan pelanggan.
  • Hubungkan keinginan pelanggan dengan bagaimna produk akan dibuat untuk memenuhi keinginan pelanggan
  • Identifikasi hubungan antar sejumlah bagaimana pada perusahaan
  • Buat tingkat kepentingan
  • Evaluasi produk pesaing
Kemampuan untuk diproduksi dan rekayasa nilai keuntungan:
  • Mengurangi kompleksitas produk
  • Standardisasi tambahan komponen
  • Perbaikan aspek fungsional produk
  • Memperbaiki desain pekerjaan dan keamanan pekerjaan
  • Memeperbaiki kemudahan pemeliharaan produk
  • Desain yang tangguh
Permasalahan perkembangan produk
  • .Desain yang tangguh(Produk didesain dengan variasi kecil dalam produksi atau perakitan tidak berdampak banyak pada produk
  • .Kompetisi berdasarkan waktu
  • .Desain modular(Produk didesain dalam komponen yang terbagi-bagi,Menawarkan fleksibilitas pada produksi dan pemasaran.)
  • .Computer-Aided Design (CAD)
  • Merancang produk pada terminal komputer atau stasiun kerja
  • Merancang pengembangan rekayasa gambaran kasar dari produk .
  • Menggunkan komputer untuk menggambar produk
  • Biasanya digunakan dengan CAM
  • .Keuntungan dari CAD/CAM
  • Waktu desain yang pendek
  • Ketersediaan data
  • Kemampuan baru
  • contoh: lebih fokus terhadap ide produk
  • Meningkatkan kualitas produk
  • Mengurangi biaya produksi
.Analisis nilai
  • Memusatkan perhatian pada perbaikan desain selama proses produksi
  • Menyimpan ide pengembangan produk yang lebih baik atau produk dimana dapat diproduksi menjadi lebih ekonomis
.Desain yang ramah lingkungan keuntungan
  • Produk lebih aman dan ramah lingkungan
  • Meminimalkan limbah bahan baku dan energi
  • Diffrensiasi produk
  • Mengurangi kewajiban akan masalah lingkungan hidup
  • Meningkatkan efektivitas biaya dengan memenuhi peraturan lingkungan hidup
  • Agar dikenal sebagai perusahaan yang baik
Membuat produk yang dapat didaur ulang
  • Mengguankan material hasil daur ulang
  • Tidak menggunakan komposisi berbahaya
  • Menggunakan komponen yang ringan
  • Hemat energi
  • Hemat material
Persaingan berdasarkan waktu
  • Siklus hidup produk akan menjadi lebih pendek.
  • menuntut pengembangan produk baru yang lebih cepat dan memperoleh keuntungan kompetitif
Dokumen produk
  • .Menggambar mesin
  • Menunjukkan dimensi, tolerances, & material
  • Menampilkan kode untuk teknologi kelompok
  • .Bill of Material
  • Daftar komponen, kuantitas & digunakan dimana
  • Memperlihatkan struktur produk
Keputusan membuat atau membeli Keputusan apakah “ia atau tidak” apa yang kamu butuhkan untuk diproduksi menjadi sebuah produk Kemungkinan untuk membeli barang sebagai”barng standar” dari manufaktur yang lain. Karekteristik teknologi kelompok
  • Pengelompokan bagian kedalam kelompok
  • Mirip , bagian yang lebih distandardisasi
  • Menggunakan sistem kode
  • Mendeskripsikan proses dan karekteristik produk
  • Bagian kelompok yang diproduksi dalam sel manufaktur
  • Lini perakitan mini
Keuntungan teknologi kelompok
  • Perbaikan desain produk
  • mengurangi pembelian
  • Mengurangi bahan baku
  • Memperbaiki rute dan pembebanan mesin
  • Memperbaiki susunan dan waktu produksi
  • Menyederhanakan proses perencanaan dan pengendalian produksi
  • Menyederhanakan biaya
Dokumen produksi
  • Menggambar perakitan
  • Urutan perakitan
  • Lembaran rute
  • Perintah kerja
Engineering Change Notice (ECN) Koreksi atau modifikasi dari teknik penggambaran atau bill of material Susunan/bentuk manajemen Sebuah sistem dimana perencanaan produk dan pengubahan komponen adalah pengidentifikasin secara akurat dan untuk kontrol perhitungan perubahan yang mana merupakan biaya pemeliharaan Aplikasi dari pohon keputusan dari desain produk Kegunaan yang utama ketika beberapa keputusan dan hasil yang mana memimpin keputusan dan hasil yang lain. Pertimbangan:
  • Termasuk semua kemungkinan alternatif dan kumpulan sifat-sifat –termasuk “tidak melakukan sesuatu"
  • Pengembalian hasil atau payoff di masukkan pada akhir setiap cabang yang bersesuaian
  • Menentukan nilai yang diharapkan dengan “pemangkasan” pohon
Transisi produksi Isu pertama: mengetahui kapan perpindahan untuk produksi Kedua: Harus memperlihatkan pengembangan sebagai evolusi tanggapan perorangan/departemen Ketiga: kebutuhan yang diharapkan pada periode produksi coba-coba untuk meninggalkan pekerjaan Keempat: mengakui bahwa tanggapan juga harus melalui transisi

1 komentar: