Laman

Minggu, 18 Juli 2010

strategi lokasi

Tujuan Strategi Lokasi : untuk memaksimalkan keuntungan lokasi bagi perusahaan Keputusan lokasi Industri
  • Fokus biaya
  • Variasi pendapatan rendah dari penempatan
  • Penempatan adalah faktor biaya yang utama
  • Pengaruh pengiriman & Biaya produksi (e.g., Tenaga kerja)
  • Biaya tukar yang tinggi antar penempatan
keputusan lokasi jasa 1. Fokus Pendapatan (Biaya) Biaya tukar rendah antar area pemasaran 2. Jasa Lokasi adalah faktor pendapatan utama Berpengaruh pada jumlah kontak pelanggan Berpengaruh pada volume bisnis Secara Umum – Keputusan lokasi 1. Keputusan jangka panjang Kesulitan pengembalian Pengaruh biaya tetap dan variabel Biaya transportasi Sebanyak 25 % dari harga produk Biaya lain: pajak, gaji, sewa dan lain-lain. Obyektif: Manfaat maksimal dari ketetapan penempatan 2.Faktor keputusan negara
  • Peraturan pemerintah, sikap, stabilitas dan rangsangan
  • Budaya & ekonomi
  • Lokasi pasar
  • Tersedianya tenaga kerja, sifat, produktivitas, dan biaya
  • Ketersediaan penyalur, komunikasi, sumber daya
  • Nilai tukar
3.Keputusan daerah/komunitas
  • Keinginan perusahaan
  • Daya tarik daerah (budaya, pajak, iklim, dll.)
  • Tenaga kerja, ketersediaan, biaya, sikap ke arah perserikatan
  • Biaya dan ketersediaan manfaat
  • Peraturan dan status kota
  • Dukungan pemerintah
  • Kedekatan bahan mentah dan penyalur
  • Biaya tanah/pembangunan
4. Faktor yang mempengaruhi lokasi
  • Ukuran dan biaya lokasi
  • Sistem transportasi Udara, jalur, jalan raya, dan transportasi air
  • Pembatasan daerah
  • Kedekatan kepada jasa atau pasokan yang dibutuhkan
  • Dampak lingkungan
5. Organisasi yang diperlukan untuk menutup pasar
  • Dinas Pemerintah
  • Polisi & pemadam kebakaran
  • Kantor pos
  • Penjualan eceran dan pelayanan
  • Retoran cepat saji, supermarket, stasion gas
  • Toko obat, mall belanja
  • Toko roti
  • Layanan
  • Dokter, pengacara, akuntan, tukang cukur
  • Bank, bengkel mobil, penginapan
Metode Evaluasi lokasi
  1. Metode peningkatan Faktor
  2. Analisis titik impas
  3. Metode Pusat Grafitasi
  4. Metode Transportasi
1. Metode peningkatan faktor
  • Teknik pemanfaatan penempatan secara luas
  • Bermanfaat untuk pelayanan & penempatan industri
  • Faktor pemanfaatan tarif penempatan
  • Faktor kualitatif
  • Contoh : kualitas pendidikan, skill tenaga kerja
  • Faktor Kuantitatif
  • Contoh : biaya jangka panjang & pendek
Faktor yang Mempengaruhi pemilihan Lokasi
  • Biaya tenaga kerja (termasuk gaji, tidak berserikat, produktivitas)
  • Ketersediaan tenaga kerja (termasuk sikap, umur, penyebaran, dan keahlian)
  • Kedekatan dengan bahan dan pemasok
  • Kedekatan dengan pasar
  • Kebijakan pajak oleh Pemerintah Nasional dan lokal (termasuk dukungan, pajak, ganti rugi, pengangguran)
  • Manfaat (termasuk gas, listrik, air, dan biaya-biayanya)
  • Sisi biaya (termasuk tanah, pengembangan, parking, pengeringan)
  • Tersedianya transportasi (termasuk rel, udara, laut, and jalan antar daerah)
  • Kualitas kehidupan (termasuk semua tingkat pendidikan, biaya hidup, kesehatan, olahraga, aktivitas budaya, transportasi, perumahan, entertainment, fasilitas keagamaan)
  • Devisi yag mencakup tarif dan stabilitas
  • Kualitas pemerintah (termasuk stabilitas, kejujuran, sikap ke arah bisnis baru – apakah lokal atau internasional)
Tahapan dalam Metode peningkatan Faktor
  • Daftar faktor-faktor yang berhubungan
  • Faktor pertimbangan untuk masing2 tugas penting (0 - 1)
  • Faktor skala tiap pengembangan (1 - 100)
  • Prestasi skala faktor tiap penggunaan penempatan
  • Pertimbangan skor untuk masing2 faktor
  • Pemilihan lokasi dengan jumlah skor maksimal
2. Analisis Titik Impas Lokasi Metode biaya-volume analisis yang digunakan untuk lokasi industri - Tahapan
  • tentukan biaya tetap dan biaya variabel untuk tiap lokasi
  • Rencana total biaya untuk tiap-tiap penempatan
  • Pemilihan lokasi dengan total biaya terendah untuk volume produksi
  • Harus di atas break-even (titik impas)
3. Metode Pusat Grafitasi
  • Tentukan penempatan dari pusat distribusi tunggal yang melayani beberapa tujuan
  • Mengutamakan pelayanan
  • Mempertimbangkan
  • Tujuan penempatan
  • Contoh: Pasar, pengecer dll.
  • Jumlah pengiriman
  • Jarak pengiriman (atau biaya)
  • Biaya pengiriman/unit/mil adalah tetap
Tahapan Metode Pusat Grafitasi
  • Tempat dimana Penempatan ada pada suatu garis koordinat
  • Memiliki ukuran dasar & skalanya
  • Pemeliharaan jarak relatif
  • Kalkulasi koordinat X & Y coordinates untuk pusat grafitasi
  • Memberikan lokasi pusat distribusi
  • Meminimalkan biaya transportasi
4. Bentuk Transportasi Tentukan jumlah pengiriman dari berbagai sumber ke beberapa tujuan Digunakan semata-mata untuk penempatan industri Jenis pemrograman model linear Obyektif: Meminimalkan total produksi & biaya pengiriman Batasan-batasan - Kapasitas produksi pada sumber (pabrik) - Permintaan kebutuhan pada tujuannya Komponen Volume and pendapatan untuk perusahaan pelayanan 1. Area yang menggambarkan daya beli pelanggan 2. Gambaran yang sesuai dengan wilayah demografis untuk menarik pelanggan 3. Persaingan pada wilayah 4. Kualitas persaingan 5. Keunikan pesaing dan penempatan perusahaan 6. Kualitas fasilitas fisik dan bisnis yang berdekatan 7. Kebijakan operasional perusahaan 8. Kualitas manajemen Strategi Penempatan – Pelayanan vs. Industri 1. Pelayanan/Pengecer/Fokus pendapatan Professional
  • Volume/pendapatan
  • Gambaran wilayah, daya beli
  • Persaingan; periklanan/harga
  • Kualitas fisik
  • Parkir/hubungan; keamanan/ penerangan; penampilan
  • Penentuan biaya
  • Sewa
  • Kaliber Manajemen
  • Kebijakan operasi (jam, tingkat upah)
2. Pelayanan/Pengecer/Fokus teknik Professional
  • Analisa korelasi untuk menentukan pentingnya faktor untuk jenis operasi tertentu
  • Perhitungan lalu lintas
  • Analisis demografi gambaran wilayah
  • Analisis daya beli pada gambaran wilayah
.Asumsi-Asumsi
  • Penempatan untuk suatu pendapatan utama
  • Anggapan yang menyatakan kontak pelanggan tinggi
  • Biaya2 adalah relatif tetap untuk area yang ditentukan sehingga fungsi pendapatan adalah kritis
Fokus pendapatan industri
  • Biaya nyata
  • Biaya transportasi bahan baku
  • Biaya pengiriman produk jadi
  • Biaya pemanfaatan sumber daya; karyawan; bahan baku; pajak, dll.
  • Biaya tidak tetap dan kelanjutan
  • Sikap ke arah perserikatan
  • Kualitas hidup
  • Biaya pendidikan
  • Kualitas pemerintah negara dan lokal
Teknik Industri
Program linier (Metode Transportasi) Pendapatan yang tidak terukur Analisis pulang pokok (impas) Grafik garis .Asumsi-asumsi Penempatan untuk suatu biaya yang utama Pada umumnya biaya utama dapat diidentifikasi dg jelas untuk tiap wilayah Kontak pelanggan yang rendah mungkin dikarenakan fokus biaya Biaya tak terukur dapat dievaluasi secara obyektif Metode utama dari Pemecahan Masalah Penempatan Metode yang diakui:
  • Berbagai faktor yang dipertimbangkan dan ditetapkan
  • Penetapan biaya-biaya terukur
  • Analisis biaya-biaya yang tak terukur
  • Metode pusat grafitasi
  • Penentuan pusat distribusi yang terbaik
  • Metode penempatan titip impas
  • Kasus utama dalam penempatan titik impas
  • Metode Transportasi
  • Pemrograman linear khusus
Industri Telemarketing dan Internet Perlu/tidaknya tatap muka dalam menemui para pelanggan (atau karyawan) maupun bergeraknya bahan Mengutamakan perspektif pada masalah penempatan Sistem Informasi Geografi Alat baru untuk membantu dalam analisis penempatan Memungkinkan kombinasi dari beberapa parameter Pertimbangan Terakhir Penempatan yang ideal bagi perusahaan pada masa yang akan datang akan merupakan suatu pabrik kapal mengapung meninggalkan suatu pelabuhan ke pelabuhan lain, dari suatu negeri ke negeri lain dimana biaya per unit sangat rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar