Operasi dalam suatu lingkungan global
Contoh
- Boeing- mengembangkan produksi dan penjualan nya diseluruh dunia
- Benetton- gerak menginventarisir ke [gudang/ toko] di seluruh dunia lebih cepat dari pesaing nya
- Sony- membeli komponen dari para penyalur dari Thailand, Malaysia, dll.
- General motor- yang secara serempak membangun empat pabrik serupa di Argentina Polandia, China, dan Thailand sehingga mereka dapat belajar dari satu sama lain dan menekan biaya dalam peningkatan mutu
Manajemen rantai pasokan
- Sumber(sumber tempat membeli bahan baku)
- Intergrasi vertikal(perusahaan membuat pabrik lain yang menjadi bahan produk utama)
- Keputusan membuat atau membeli(bagaimana perusahaan memutuskan membuat bhan baku sendiri atau membeli dari pemasok)
- Mitra
Keputusan lokasi
- Isu yang berkaitan dgn negara(dimana negara yang dijadikan pemasok/pabrik)
- Isu yang berkaitan dgn produk(
- Kebijakan pemerintah
- Isu organisasi(berkaitN DENGn organisasi” dunia yang ada sekarang)
Manajemen bahan baku
- Arus bahan baku
- Pilihan transportasi dan kecepatan
- Tingkat persediaan
- Kemasan
- Gudang atau penyimpanan(bagaimana agar produk tidak rusak)
Penjelasan operasi global
- Bisnis internasional-bekerja dengan cross-border transaksi(transaksi lintas batas)/bisnis yang melampaui batas negara(mencakup perdagangan intrns,manufaktur d luar negri,jasa berbagai bid,spt transportasi,pariwisata,perbankan,iklan,konstruksi )
- Korporasi Multinasional- mempunyai keterlibatan luas dalam bisnis internasional, memiliki atau mengendalikan fasilitas di lebih dari satu negara(perusahaan yang melakukan ekspansi keluar negri,dengan kontrol utama ttp d perusahaan induk(kntrol keuangan))
- Perusahaan global- mengintegrasikan operasi dari negara-negara berbeda, dan memandang dunia sebagai pasar tunggal(berbagai perusahaan menjadi satu,penjualan dengan standar yang sama)
- Transnational perusahaan- mengkombinasikan skala efisiensi keuntungan global dengan respon keuntungan lokal(memberikan tanggung jawab u/ cabang tp ttp d awasi oleh perusahaan induk)
Pertimbangan memasuki operasi global
- Mengurangi biaya-biaya ( tenaga kerja, pajak, tarif, dll.)
- Meningkatkan rantai pasokan(baik itu proses input/output)
- Menyediakan barangdan layanan yang lebih baik(bagaimana respon konsumen terhadap produk yang dijual)
- Menarik pasar baru
- Belajar untuk meningkatkan operasi
- Menarik dan mempertahankan pasar global
Empat pertimbangan menuju keberhasilan operasi global
- Desain produk global
- teknologi dan Desain proses global
- Analisa penempatan pabrik global
- Dampak Etika dan budaya
Tekhnologi dan desain proses global
- Teknologi informasi memungkinkan manajemen operasi terintegrasi, serentak dibubarkan
- Texas Instrumen: 50 pabrik berkembang di 19 negara
- Hewlett-Packard- pengembangan produk regu di U.S., Jepang, Britania Raya, dan Jerman
- Mengurangi time-to-market
Global dampak terhadap etika dan budaya
- Budaya yang berbeda,,sebagian menerima/menolak:
- Variasi dalam ketetapan waktu
- Jam makan siang yang panjang
- Harapan pencurian
- Penyuapan
- Perlindungan yang sedikit terhadap hak milik intelektual
Untuk menetapkan jasa global
- Menentukan jika fasilitas atau orang cukup ada untuk mendukung [jasa;layanan]
- Mengidentifikasi pasar asing yang terbuka dan yang tidak dikendalikan oleh pemerintah
- Menentukan jasa apa yang diminati kebanyakan pelanggan asing
- Menentukan bagaimana cara menjangkau pelanggan global
Mengatur operasi jasa Global
- Harus mengambil suatu perspektif berbeda
- Perencanaan kapasitas
- Perencanaan Penempatan
- tata ruang dan Desain fasilitas
- penjadwalan
Beberapa definisi
- Bisnis internasional
- Suatu perusahaan yang mulai bekerja cross-border transaksi.
- Korporasi Multinasional ( MNC)
- Suatu perusahaan yang mempunyai keterlibatan luas di (dalam) bisnis internasional, memiliki atau mengendalikan fasilitas di (dalam) lebih dari satu negeri
Beberapaa strategi global
- Strategi Internasional: menggunakan barang ekspor dan lisensi untuk menembus area yang global
- Strategi Multidomestic: penggunaan mendesentralisasi otoritas dengan otonomi substansiil pada masing-masing bisnis
- Strategi Global: Menggunakan suatu derajat tinggi pemusatan, dengan markas besar [yang] mengkoordinir untuk mencari pelajaran dan standardisasi antar[a] [pabrik/tumbuhan]
- Transnational Strategi: Memanfaatkan ekonomi pelajaran dan skala, seperti halnya tekanan untuk kemampuan reaksi, [oleh/dengan] mengenali kemampuan inti itu berada di mana-mana di (dalam) organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar