Laman

Minggu, 18 Juli 2010

Operasi dalam suatu lingkungan global

Contoh
  • Boeing- mengembangkan produksi dan penjualan nya diseluruh dunia
  • Benetton- gerak menginventarisir ke [gudang/ toko] di seluruh dunia lebih cepat dari pesaing nya
  • Sony- membeli komponen dari para penyalur dari Thailand, Malaysia, dll.
  • General motor- yang secara serempak membangun empat pabrik serupa di Argentina Polandia, China, dan Thailand sehingga mereka dapat belajar dari satu sama lain dan menekan biaya dalam peningkatan mutu
Manajemen rantai pasokan
  • Sumber(sumber tempat membeli bahan baku)
  • Intergrasi vertikal(perusahaan membuat pabrik lain yang menjadi bahan produk utama)
  • Keputusan membuat atau membeli(bagaimana perusahaan memutuskan membuat bhan baku sendiri atau membeli dari pemasok)
  • Mitra
Keputusan lokasi
  • Isu yang berkaitan dgn negara(dimana negara yang dijadikan pemasok/pabrik)
  • Isu yang berkaitan dgn produk(
  • Kebijakan pemerintah
  • Isu organisasi(berkaitN DENGn organisasi” dunia yang ada sekarang)
Manajemen bahan baku
  • Arus bahan baku
  • Pilihan transportasi dan kecepatan
  • Tingkat persediaan
  • Kemasan
  • Gudang atau penyimpanan(bagaimana agar produk tidak rusak)
Penjelasan operasi global
  • Bisnis internasional-bekerja dengan cross-border transaksi(transaksi lintas batas)/bisnis yang melampaui batas negara(mencakup perdagangan intrns,manufaktur d luar negri,jasa berbagai bid,spt transportasi,pariwisata,perbankan,iklan,konstruksi )
  • Korporasi Multinasional- mempunyai keterlibatan luas dalam bisnis internasional, memiliki atau mengendalikan fasilitas di lebih dari satu negara(perusahaan yang melakukan ekspansi keluar negri,dengan kontrol utama ttp d perusahaan induk(kntrol keuangan))
  • Perusahaan global- mengintegrasikan operasi dari negara-negara berbeda, dan memandang dunia sebagai pasar tunggal(berbagai perusahaan menjadi satu,penjualan dengan standar yang sama)
  • Transnational perusahaan- mengkombinasikan skala efisiensi keuntungan global dengan respon keuntungan lokal(memberikan tanggung jawab u/ cabang tp ttp d awasi oleh perusahaan induk)
Pertimbangan memasuki operasi global
  • Mengurangi biaya-biaya ( tenaga kerja, pajak, tarif, dll.)
  • Meningkatkan rantai pasokan(baik itu proses input/output)
  • Menyediakan barangdan layanan yang lebih baik(bagaimana respon konsumen terhadap produk yang dijual)
  • Menarik pasar baru
  • Belajar untuk meningkatkan operasi
  • Menarik dan mempertahankan pasar global
Empat pertimbangan menuju keberhasilan operasi global
  • Desain produk global
  • teknologi dan Desain proses global
  • Analisa penempatan pabrik global
  • Dampak Etika dan budaya
Tekhnologi dan desain proses global
  • Teknologi informasi memungkinkan manajemen operasi terintegrasi, serentak dibubarkan
  • Texas Instrumen: 50 pabrik berkembang di 19 negara
  • Hewlett-Packard- pengembangan produk regu di U.S., Jepang, Britania Raya, dan Jerman
  • Mengurangi time-to-market
Global dampak terhadap etika dan budaya
  • Budaya yang berbeda,,sebagian menerima/menolak:
  • Variasi dalam ketetapan waktu
  • Jam makan siang yang panjang
  • Harapan pencurian
  • Penyuapan
  • Perlindungan yang sedikit terhadap hak milik intelektual
Untuk menetapkan jasa global
  • Menentukan jika fasilitas atau orang cukup ada untuk mendukung [jasa;layanan]
  • Mengidentifikasi pasar asing yang terbuka dan yang tidak dikendalikan oleh pemerintah
  • Menentukan jasa apa yang diminati kebanyakan pelanggan asing
  • Menentukan bagaimana cara menjangkau pelanggan global
Mengatur operasi jasa Global
  • Harus mengambil suatu perspektif berbeda
  • Perencanaan kapasitas
  • Perencanaan Penempatan
  • tata ruang dan Desain fasilitas
  • penjadwalan
Beberapa definisi
  • Bisnis internasional
  • Suatu perusahaan yang mulai bekerja cross-border transaksi.
  • Korporasi Multinasional ( MNC)
  • Suatu perusahaan yang mempunyai keterlibatan luas di (dalam) bisnis internasional, memiliki atau mengendalikan fasilitas di (dalam) lebih dari satu negeri
Beberapaa strategi global
  • Strategi Internasional: menggunakan barang ekspor dan lisensi untuk menembus area yang global
  • Strategi Multidomestic: penggunaan mendesentralisasi otoritas dengan otonomi substansiil pada masing-masing bisnis
  • Strategi Global: Menggunakan suatu derajat tinggi pemusatan, dengan markas besar [yang] mengkoordinir untuk mencari pelajaran dan standardisasi antar[a] [pabrik/tumbuhan]
  • Transnational Strategi: Memanfaatkan ekonomi pelajaran dan skala, seperti halnya tekanan untuk kemampuan reaksi, [oleh/dengan] mengenali kemampuan inti itu berada di mana-mana di (dalam) organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar