Laman

Selasa, 06 Juli 2010

merkantilisme

Latar Belakang
  1. .Merkantilisme adalah suatu Mazhab ekonomi yang berkembang pada abad 16 s.d. 18 di Eropa Barat.
  2. .Berasal dari bahasa latin mercere yang berarti jual beli
  3. .Dalam bahasa Inggris disebut merchant yang artinya saudagar.
  4. .Jean Baptiste Colbelt (Menteri keuangan raja Lodewijk XIV) adalah tokoh utama mazhab ini.
  5. .Merkantilisme hakekatnya merupakan politik kemakmuran negara yang ditujukan memperkuat kemakmuran negara melebihi kemakmuran individu.
  6. .Menurut merkantilis,sistem perekonomian terbaik adalah sistem pereknomian dimana negara harus campur tangan thd dunia usaha dan perdagangan luar negeri.
  7. .Sumber kekayaan negara adalah commerce (perdagangan)
  8. .Kepentingan negara di atas kepentingan individu.
  9. .Setiap politik perdagangan ditujukan untuk menunjang kelebihan ekspor di atas impor atau neraca perdagangan yang aktif.
  10. .Sampai saat sekarang teori itu masih dapat valid diperlakukan oleh banyak negara-negara terutama negara-negara yang sedang berkembang.
2 Ide pokok Merkantilisme
  • .Pemupukan logam mulia
  • .Kelebihan nilai ekspor atas nilai impor.
Penjelasan .Suatu Negara akan makmur bila ekspor lebih besar dari impor (X > M) .Surplus yang diperoleh dari selisih (X-M) mengakibatkan pemasukan logam mulia dari luar negeri. .LoGam Mulia yang banyak tersebut digunakan oleh raja untuk membiayai armada perang guna memperluas perdagangan luar dan penyebaran agama. .Penggunaan armada perang untuk memperluas perdagangan luar negeri, ini diikuti dengan kolonisasi di Amerika Latin, Afrika, dan Asia. Trade policy yg dijalanakan utk mencapai 2 ide pokok : .Mendorong ekspor sebesar-besarnya, kecuali: - Ekspor bahan mentah - Ekspor barang modal .Logam mulia dilarang berpindah ke luar negeri .Tenaga ahli dilarang pindah ke luar negeri .Melarang / membatasi impor dengan ketat, kecuali Logam Mulia. .Melakukan monopoli perdagangan Argumen ttg Retriksi Perdagangan luar negeri: .Pajak impor perlu dilakukan karena secara tidak langsung akan melindungi industri dalam negeri - Menjaga tersedianya lapangan kerja - Peningkatan pendapatan penduduk. .Impor adalah hal yang buruk karena harus dibayar dengan emas (defisit) .Ketergantungan impor akan berbahaya bila dalam keadaan perang. Ide-ide Merkantilisme dlm Konteks Kekinian .Dulu merkantilisme menekankan pentingnnya pemupukan logam mulia, kini negara-negara modern sangat mementingkan perlunya peningkatan devisa .Di masa sekarang juga variabel tarif impor masih sering digunakan untuk mengurangi kompetisi barang-barang dari luar negeri terhadap hasil produksi nasional .Terakhir ide merkantilisme yang bayak dipakai oleh negara sedang berkembang adalah self supporting atau pengembangan industri dalam negeri untuk kebutuhan sendiri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar