Laman

Minggu, 18 Juli 2010

Operasi dan Produktivitas

Apa yang dimaksud dengan Manajemen Operasi? Produksi adalah proses menciptakan barang dan jasa Manajemen Operasi adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output Warisan Manajemen Operasi
  • Division of labor (Adam Smith 1776 and Charles Babbage 1852)
  • Standardized parts (Whitney 1800)
  • Scientific Management (Taylor 1881)
  • Coordinated assembly line (Ford, Sorenson/Avery 1913)
  • Gantt charts (Gantt 1916)
  • Motion study (Frank and Lillian Gilbreth 1922
  • Quality control (Shewhart 1924; Deming 1950)
  • Computer (Atanasoff 1938)
  • CPM/PERT (DuPont 1957)
  • Material requirements planning (Orlicky 1960)
  • Computer aided design (CAD 1970)
  • Flexible manufacturing system (FMS 1975)
  • Baldrige Quality Awards (1980)
  • Computer integrated manufacturing (1990)
  • Globalization(1992)
  • Internet (1995)
Eli Whitney
  • Lahir 1765; Wafat 1825
  • Tahun 1798, menerima kontrak dari pemerintah untuk membuat 10,000 pucuk senjata
  • Memperkenalkan peralatan mesin, dapat menciptakan standarisasi bagian untuk spesifikasi yang tepat
  • Bagian pucuk senjata dapat digunakan di senjata manapun
Frederick W. Taylor
  • Lahir 1856; Wafat 1915
  • Dikenal sebagai “Bapak ilmu Manajemen”
  • Tahun 1881, sebagai mekanik untuk Midvale Steel, mempelajari bagaimana suatu tugas diselesaikan
  • Dimulai diawal waktu & Belajar bergerak
  • Menciptakan prinsip efisiensi
  • Taylor: Manajemen harus memiliki tanggung jawab penuh untuk:
  • Menempatkan pegawai pada pekerjaan yang cocok
  • Menyediakan latihan yang dibutuhkan
  • Menyediakan metode & peralatan kerja yang benar
  • Menerapkan sistem komisi / intensif untuk setiap pekerjaan yang diselesaikan
Frank & Lillian Gilbreth
  • Frank (1868-1924); Lillian (1878-1972)
  • Suami istri tim mekanik
  • Mengembangkan metode pengukuran kerja
  • Menggunakan metode efisiensi dirumah & 12 anak mereka!
  • (Buku & Film: “Cheaper by the Dozen,” buku: “Bells on Their Toes”
Henry Ford
  • Lahir 1863; wafat 1947
  • Tahun 1903, Membuat Perusahaan
  • Motor Ford
  • Tahun 1913, pertama kali
  • menggunakan model garis T
  • Produk yang belum selesai
  • dipindah dengan alat pembawa barang di stasiun kerja sebelumnya
  • Membayar pekerja paling tinggi $1911 ($5/hari!)
W. Edwards Deming
  • Lahir 1900; wafat 1993
  • Mekanik & Fisikawan
  • Guru honor yang mengajar Metode Japan quality control di post-WW2
  • Menggunakan statistika untuk analisis proses
  • Metodenya membuat karyawan mengambil keputusan yang tegas
Kontribusi dari
  • Faktor manusia
  • Industri Mekanik
  • Ilmu Manajemen
  • Ilmu Biologi
  • Ilmu Fisiska
  • Ilmu Informasi
Kejadian yang signifikan di MO
  • Division of labor (Smith, 1776)
  • Standardized parts (Whitney, 1800)
  • Scientific management (Taylor, 1881)
  • Coordinated assembly line (Ford 1913)
  • Gantt charts (Gantt, 1916)
  • Motion study (the Gilbreths, 1922)
  • Quality control (Shewhart, 1924)
  • CPM/PERT (Dupont, 1957)
  • MRP (Orlicky, 1960)
  • CAD
  • Flexible manufacturing systems (FMS)
  • Manufacturing automation protocol (MAP)
  • Computer integrated manufacturing (CIM)
Mengapa mempelajari MO? MO adalah salah satu fungsi utama (pemasaran,keuangan, dan operasional) dari organisasi Kita ingin (dan perlu) untuk mengetahui bagaimana barang dan jasa diproduksi Untuk mengetahui apa yang dilakukan manajer operasi MO adalah bagian yang paling banyak mengeluarkan biaya dalam sebuah organisasi Apa yang dilakukan manajer operasi
  • Rencana
  • Mengatur Pegawai
  • Memimpin
  • Mengawasi
Sepuluh Keputusan Kritis .Kualitas Manajemen Siapa yang bertanggung jawab pada kualitas? Bagaiman kita mendifinisikan kualitas? .Desain Produk dan Jasa Produk atau jasa apa yang harus kita tawarkan? Bagaiman kita harus merancang prouk dan jasa? .Proses dan Kapasitas Desain Proses apa yang diperlikan oleh produk ini dan bagaimana menerapkannya? Peralatan dan teknoloogi apa saja yang diperlukan dalam proses? .Lokasi Dimana kita harus meletakan fasilitas? Berdasarkan kriteria apa kita memutuskan lokasi? .Desain Tata Letak Bagaiman kita mengatur fasilitas? Berapa banyak fasilitas yang diperlukan? .Sumber daya menusia dan Desain pekerjaan Bagaimana kita menciptakan lingkungan kerja yang bertanggung jawab? Berapa banyak kita dapat memperkirakan para kerja untuk memproduksi? .Manajemen Rantai Penawaran Apakah kita harus membuat atau membeli suatu barang? Siapa pemasok kita dan berapa banyak kita memerlukannya? .Persediaan, syarat rencana material, JIT “just-in-time” persediaan, Berapa banyak persediaan dari setiap produk yang harus kita miliki? Kapan kita memesan kembali? .Tingkat lanjutan, masa perpendekan, dan penjadwalan proyek Apakah subkontrak produksi merupakan ide yang bagus? Apakah baik mencari orang dalam daftar gaji selagi dalam kemunduran? .Pemeliharaan Siapa yang bertangung jawab dalam pemeliharaaan? Fungsi Organisasi
  • Pemasaran(Memperoleh konsumen)
  • Operasi(Membuat produk dan jasa)
  • Keuangan / Akuntansi(Mengatur Keuangan,Menyimpan uang)
Dimana lapangan pekerjaan MO?
  • Teknologi / metode
  • Pemanfaatan fasilitas / ruang
  • Isu – isu strategi
  • Waktu tanggapan
  • Manusia / pembentukan tim
  • Layanan pelanggan
  • Mutu
  • Pengurangan biaya
  • Pengurangan persediaan
  • Produktivitas
Tantangan baru di MO
  • Fokus Lokal atau nasional=Fokus global
  • Sekumpulan pengriman=Just-in-time
  • Tawaran rendah=Partner rantai persediaan
  • Pengembangan produk yang lama=Perkembangan produk yang cepat
  • Produk standar=Mass customization
  • Spesialisasi pekerjaan=Wewenang karyawan / tim
Karakteristik barang
  • Produk nyata
  • Mempunyai defnisi yang tetap
  • Produksi biasanya terpisah dengan konsumsi
  • Dapat menjadi persediaan
  • Interaksi pelanggan rendah
  • Produk nyata
  • Mempunyai defnisi yang tetap
  • Produksi biasanya terpisah dengan konsumsi
  • Dapat menjadi persediaan
  • Interaksi pelanggan rendah
Karakteristik Jasa
  • Produk tidak berwujud
  • Produksi dan konsumsi di waktu yang sama
  • Biasanya unik
  • Interaksi pelanggan tinggi
  • Tidak ada pengertian yang tetap
  • Berdasarkan pengetahuan
  • Frekuensi penjualan
Barang vs Jasa Barang
  • Dapat dijual kembali
  • Dapat disimpan
  • Beberapa bagian dapat diukur
  • Penjualan adalah sesuatu yang nyata dari produksi
  • Barang dapat dipindahkan
  • Fasiltas tempat sangat penting bagi harga
  • Mudah dbuat secara otomatis
  • Penghasilan dhasilkan dari barang nyata
Jasa
  • Tidak dapat dijual kembali
  • Tidak dapat disimpan
  • Kualitas sulit diukur
  • Penjualan terjadi bersamaan dengan proses
  • Penyedia jasa, bukan jasanya, biasanya dapat dipndahkan
  • Lokas faslitas penting untuk hububngan dengan pelanggan
  • Jasa sering kali sulit untuk dibuat secara otomatis
  • Pengahasilan dihasilkan dari jas ayang tidak nyata
Produktivitas Pengukuran dari proses perbaikan Mewakili output untuk input produktivitas= unit produk/input yang digunakan Perubahan produktivitas memperbaki standar kehidupan From 1889 to 1973, U.S. productivity increased at a 2.5% annual rate Masalah Pengukuran
  • .Mutu berubah sementara jumlah masukan (input) dan keluaran (Output) tetap sama.
  • .Elemen Eksternal Dapat menyebabkan penambahan atau penurunan dalam produktivitas
  • .Ukuran unit sesuatu yang mungkn dipakai tidak ada.
Produktivitas = Output/ Tenaga kerja + bahan+ energi + modal + Lain-lain Variabel Produktivitas
  • Tenaga kerja – Munyumbang sebesar 10% terhadap kenaikan
  • Modal – Menyumbang sebesar 32% Dari kenaikan
  • Manajemen- Menyumbang sebesar 52% Dar kenaikan
Kunci Variabel untuk memperbaki produktivitas tenaga kerja
  • Pendidikan dasar yang cocok bagi tenaga kerja
  • Pengetatan angkatan kerja
  • Pengeluaran sosial yang membuat tenaga kerja tersedia
  • Memelihara dan menambah keterampilan tenaga kerja ditengah gencarnya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan
Produktivitas Jasa
  • Tenaga kerja biasa rutin
  • Sering kali seseorang dibentuk
  • Serng kali tugas intelektual dilakukan oleh para propesional
  • Sering kali sulit untuk dimekanisasi atau dotomatiskan
  • Serng kali sulit untuk dievaluasi mutunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar